blog ini mengandung menjelaskan bagai mana membuat kompos yang baik dan benar

Subscribe

ALONRIDER

Komposter Jerigen

 
i
 
3 Votes
Quantcast
komposter pak banu (1)
Tidak ada yang tak mungkin bagi orang kreatif seperti Pak Banu. Usai mengikuti pelatihan 3R yang digelar Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor, awal Mei lalu, dia segera berkreasi. Jerigen bekas minyak goreng kapasitas 20 liter dibuat komposter cair dan padat. Kaleng cat 5 galon diubah menjadi komposter mini khusus untuk dapur. Pipa PVC bekas tak luput dipermak menjadi saluran udara.
Komposter jerigen, selain menampung sampah organik dapur, bagian bawahnya disediakan ruang untuk menyimpan cairan hasil fermentasi sampah organik dengan MOL atau EM4.
komposter pak banu (2)
Jika cairan telah cukup banyak dapat diambil untuk dijadikan pupuk cair atau starter kompos. Sebelum dimasukkan kedalam komposter, bahan organik ditiriskan dahulu. Kemudian jika dalam proses pengomposan masih terlalu basah, dapat ditaburi serbuk gergaji atau sekam.
komposter aerob mini pak banu
Sedangkan komposter mini dari kaleng cat, menurut pria yang tinggal di Perum Puspa Raya, Jalan Baru, Cibinong, Kabupaten Bogor, ini, didesain untuk menyimpan “sementara” sampah organik dapur.
komposter aerob mini pak banu (2)
Maksudnya, jika suatu ketika agak malas memindah sampah dapur ke komposter utama, maka dapat disimpan dahulu di komposter mini. Kucing, tikus, dan serangga pun tak lagi bisa mengorek-orek sampah sisa dapur.
komposter aerob mini pak banu (4)
Bagaimana? Tertarik?

0 komentar:

Posting Komentar